Ilmu Alamiah Dasar


BAB 1
Pendahuluaan

1. Dapak posotif dan negative dari dinamika masyarakat yg trus berkembang.
Berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sisitem nilai buday, sehingga dengan sendirinya mental manusia juga terpengaruh. dari benturan budaya inilah timbul sikap kolektif untuk menghadapi permasalahan social, ekonomi, dan kehidupan secara bersama2.
2. Ambivewlensi IPTEKS
Adalah sebuah kemajuan dalam IPTEKS,yg menimbulakan perubahn kondisi lingkungan, kehidsupan manusia, konflik dgn nilai tata budaya.sehingga manusia terkena bias dari kemajuan IPTEKS.
3. Tujuan umum mempelajari IAD
Untuk membantu mahasiswa agar memiliki pengetahuan kealaman serta dapat mendekati persoalaan pengetahuan alam dan bernalaran yg lebih komperhensif.
4. Tujuan mempelajari IAD bagi siswa STAIN
• Memperkenalkan konsep dasar, hokum, prinsip, metode, dan fakta tentang ilmu pengetahuan alam.
• Memberikan wacana pengetahuan mengenai kejadian suatu hal
• Memberika bekal untuk memanfaatkan bahan,dan cara pemikiran,pendekatan dan hasil2 ilmu pengetahuan alam,dan teknologi,seni
• Mengembangkan interaksi yg selaras dan disiplin ilmu eksakta
• Memanfaatkan dan melestarikan isi alam semesta serta mengagungi ciptaan Allah
5. Kopetensi dasar IAD bagi mahasiswa STAIN
Adalah mahasiswa mampu memahami konsep2 dasar ,hokum, prinsip, metode,dan fakta tentang alam, sehingga dapat mengangungi ciptaan Allah, memanfaatkan, dan melestarikan alam lingkungan.
6.Indikator pencapaian IAD bagi mahasiswa STAIN

  1. Mendefinisikan konsep IAD
  2. Mngeidentifikasi manfaat IAD
  3. Mengembangkan sikap,nilai kepercayaan yg esensial secara prinsipil tentang pemahaman asal muala kehidupan ,sala muala manusia, asal muala alam semesta
  4. Mengorganisasikan system nilai terhadap perkembangan ilmu pengetahuan ,teknologi, dan seni yg bersumber dari islam
  5. Mengenali kesalahan logika untuk memodifikasi keanekaan, dan kekayaan melalui teknologi
  6. Berpartisipasi aktif baik individu atau bersama dalam kegiataan yg berhubungan dgn penentangan dgn hokum alam
  7. Mengevalusai tentang hubungan antara konsep dasar dengan fakta yg ada dialam
  8. Kritik yg diarahkan pada lembaga Pendidikan Tinggi
  9. System pendidikan di Indonesia merupakan warisan pendidikan dinilai berbau colonial dengan cirri khas mengkotak-kotakan masyarakat .
  10. harapan setelah mempelajari IAD. Lulusan perguruan tinggi diharapkan mempunyai tiga jenis kemampuan yaitu personal,akademik, dan perofesional

BAB II

ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN

1. Pengetahuan dalam etimologi b.inggris

  • semua pengetahuan (ilmu yg diperoleh dari hasil rentetan cycluc induksi, deduksi, dan pentashihan yg terus menerus
  • Kumpulan pengatahuan( Ilmu yg telah diuji kebenaranya secara empiris)
  • Pengetahuan yg sistematis
  • Pengetahuan yg dibentuk dari orde pertama didasarkan pd observasi fakta dan ordekedua didasarkan dari konsep manusia mengenali alam semesta
  • Himpunan rasionalis insani kolektif yg dihasilkan dari logika dan kenyataan gejala2 alam.
  • Suatu eksplorasi kealam materi berdasarkan observasi dan mencari hubungan2 alamiah yg teratur mengenai fenomena yg ada dialam semesta mampu menguju diri sendiri
  • Usaha manusia mengunakan potensin manusiawinya untuk mengenal sunatullah dari komponen dunia empiris, dari system ciptaan Allah SWT.

2. Aspek-asepk dalam Ilmu Pengetahuan Alam

  1. Aspek Pengetahuan empiris(nyata)/ scientific knowledge, Ilmu pengetahuan modern lebih menekankan pada aspek ini,segala sesuaru itu bersifat pasti. Ilmu pengetahuan telah menjadi kebenaran yg bersifat Universal tidak ada sesuatu yg dapat mengelak dri penyelidikan ilmu.
  2. Apek Moral dan MaknaIlmu pengetahuan modern kurang mendapat ruang yg memadai .
  3. Objek Ilmu Pengetahuan

a. Objek Material
adalah seluruh atau bahan yg dijadikan objek penyelidikan suatu ilmu.
b. Objek forma
objek materi yg disoroti oleh ilmu yg satu dari ilmu yg lainya , jika berobyek materi yg sama.
4. Syarat Ilmu Pengetahuan
a. Ada objek tertentu yg diselidiki
b. Objek tertentu diselidiki dngn mengunakan metode atau cara tertentu
c. Dengan mengunakan metode tertentu dapat dilakukan penelitian luang,perlu dilakuakn pengecekan dengan metode2 yg lainya tapi dng maksud dan tujuan yg sama.
d. Penelitian yg telah dihasilkan kemudian menghasilkan kesimpulan yg telah diketahui dapat disusun ,diorganisir,diklssifikasikan, dan digolong2kan
e. Semua kativitas manusi dalam penetian ilmiah yg dilaksanakan manusi sepanjang sejarah ilmu pengetahuan adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia.
5. Pengolongan Ilmu Pengetahuan menurut Undang-undang pokok tentang perguruan tinggi nomor 22 tahun 1961
• Ilmu Agama
• Ilmu kebudayaan
• Ilmu Sosial
• Eskta dan Teknis
6. Hadist tentang Pencari Ilmu pengetahuan dan penebar
1. Tuntutlah ilmu, sesunguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azz Wajalla, dan mengajarkan kpd orang yg mengetahuai adalah sodawoh sesunguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia(tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya bagi didunia dan diakhirat.(HR.AR-rabii’)
2. Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim. (baik muslimin maupun Muslimah). (HR.Ibnu Majah)
3. Tuntutlah Ilmu dan belajarlah(untuk ilmu) ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikap rendah hati kepada org yg mengajar kamu. (HR.Ath-Thabrani)
4. Janganlah kalian menuntut ilmu untuk membanggakanya terhadap para ulama dan untuk diperdebatkan dikalangan orang2 bodoh dan buruk perangainya.dan jangan menuntut ilmu untuk penampilan dalam majelis (Pertemuan atau rapat) untuk menarik perhatian orang2 kepadamu. Barang siapa seperti itu maka baginya neraka..neraka. (HR. Tirmiz dan Ibnu Majah)
5. Barang siapa merintis jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan kesurga. (HR. Muslimin)
6. Duduk bersama ulama adalah ibadah.(HR. Ad-Dailami)
7. Apabila kamu melewati taman2 surga, minumlah hingga pusa. Para sahabat bertanya, “ Ya Rasulullah, apa yg dimaksud taman2 surga itu?” Nabi Saw menjawab “ Majelis-majelis ta’lim.” (HR. Ath-Thabrani)

7. Tantang Ilmu Pengetahuan dalam AL-Quran
(QS. Al-baqarah 31)
وَ عَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلاَئِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُوْنِيْ بِأَسْمَاءِ هَؤُلاَءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِيْنَ
Dan Allah mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, ‎kemudian mengemukakannya kepda para Malaikat lalu berfirman, “Sebutkanlah ‎kepada-Ku nama benda-beda itu jika kamu memang orang-orang yang benar.‎
*Himah Mempelajari Ilmu Pengetahuan
(Al-Mujadilah 1

Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, Maka lapangkanlah niscaya Alloh akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, Maka berdirilah, niscaya Alloh akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Alloh Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.(Al Mujadilah 11)

Satu gagasan untuk “Ilmu Alamiah Dasar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s