Dampak Globalisasi Terhadap Eksistensi Jati Diri Bangsa


Tantangan Global terhadap Eksitensi Jati Diri Bangsa

A.Pendahuluan
Era Globalisasi merupakan suatu era dimana komunikasi antarbangsa terjadi secara meluas tanpa batas, seolah-olah tidak ada batas antara Negara. Era globalisasi memang membawa banyak keuntungan, antara lain terbukanya komunikasi antarbangsa dan terbentuknya peluang kegiatan ekonomi. Akan tetapi dibali itu semua ada ancaman yang menjadi tantangan besar, terutama bagi Indonesia, antara lain terkikisanya jati diri bangsa khususnya struktur budaya local. Proses ini harus di antisipasi sejak dini dengan cara melakukan revilitasi struktur budaya local dan nasional.

B. Isi
Jati diri bangsa merupakan identitas budaya bangsa yang menyangkut struktur social yang sehari-hari kita pergunakan sebagai cara-cara untuk menyelengarakan kehidupan. Struktur Indonesia tersebut meliputi:

  1. Unsur-unsur bahasa local, misalnya bahasa jawa, bahasa Minangkabau, bahasa Dayak, bahsa Melayu, dan bahasa daerah-daerah lainya
  2. Unsur Religi atau kepercayaan, yaitu menyangkut agama dan kepercayaan yang ada pada masyarakat Indonesia, misalnya kejawen, kaharingan, upacara bersih desa, upacara ruwatan, upacara tedak siti, upacara ngaben, dan berbagai insur religi lainya yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat local diseluruh nusantara.
  3. Unsur-unsur kesenian, misalnya wayang, reog, randai, barong, leong, serta tarian-tarian, dan berbagai bentuk kesenian daerah lainya.
  4. Unsur-unsur peralatan dan perlengkapan hidup, misalnya keris, parang mandou, dondang, panah, clurit, dan lain sebagainya. Selain itu juga perlengkapan hidup yang lainya, seperti model rumah adat, seperti joglo, limansa dll.
  5. Sistem organisasi social, seperti nagari di Sumatra, pesirah di Sumatra selatan, desa di jawa, dll. Termasuk yang menyangkut system kekerabatan dan system perkawinan yang mengakar pada kehidupan pada kehidupan masyarakat suku-suku bangsa Indonesia

Unsur-unsur kebudayaan local tersebut merupakan asset bangsa yang harus kita pertahankan dan kita kembangkan sedemikian rupa sehingga dapat memberi warna terhadap struktur budaya kita yang dapat membedakan dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Perubahan social yang terjadi akibat globalisasi dan modernisasi tidak mengubah akar budaya bangsa kita sendiri

C. Pemasalahan Globalisasi terhadap Eksitensi Jati Diri Bangsa

Namun demikian, ada beberapa fenomena dan modernisasi yang terjadi belakangan ini yang dapat mengancam terhadap eksistensi jati diri bangsa. Paling tidak ada tiga bidang kehidupan yang mesti kita perhatikan yang sudah sangat terpengarauh dengan globalisasi, dan hal-hal tersebut bisa merusak eksistensi jati diri bangsa , diantaranya dibidang budaya, lingkungan social, serta bidang ekonomi.
1. Bidang Budaya
Acaman globalisasi dan modernisasi terhadap eksisitensi jati diri bangsa dibdang budaya antara lain tercermin dari semakin terkikisnya budaya local. Budaya local tau budaya daerah seolah-olah tergantikan oleh budaya global, khususnya budaya barat di segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Contohnya, merebaknya gaya hidup barat di kalangan masyarakat Indonesia, seperti konsumerisme, gaya kehidupan kebarat-bataran( westernisasi), pola pergaulan bebas dikalangan emaja, pengunaan obat-obat terlarang, dan masih banyak lagi.
2. Bidang Sosial dan Lingkungan
Ancaman globalisasi dan modernisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa di bidang social, antara lain tercermin dari semakin tajamnya kesenjangan social akibat kurang meratanya hasil-hasil pembangunan. Dimana inti dari globalisasi dan modernisasi adalah menggigatkan pembangunan di segala bidang. Kesenjangan social ini akan menimbulkan keresahan dan kecemburuan social di kalangan masyarakat, yang sangat rentan memicu timbulnya konflik social, seperti kerusuhan yang terjadi di beberapa daerah tanah air ini, yang awalnya bukan karena motif ekonomi, namun motifnya sangat dipengaruhi oleh kecemburuan social.
Dibidang lingkungan, hal tersebut dapat berupa terancamnya kelestarian lingkungan akibat gencarnya investasi asing yang masuk, berdiri sebagai pabrik dengan bermacam industri, terjadi berbagai eksploitasi sumber daya alam. Investor kadang tidak memperhatikan lingkungan alam.
3. Bidang Ekonomi
Acaman globalisasi di bidang ekonomi, antara lain ditandai oleh semakin terbentuknya pola perekonomian kapitalisme pada masyarakat, pola yang kadang mengabaikan sisi kemanusiaan dalam bidang ekonomi. Dalam pola kapitalisme, mereka yang bermodal besar, merekalah yang menang dalam menguasai dan hal ini akan berdampak matinya terhadap usaha local, usaha kecil menengah. Selain itu dapat menimbulkan ketergantungan sisitem perekonomian terhadap Negara-negara barat ( Negara-negara maju) yang salah satunya semakin menumpuknya hutang Negara berkembang.

D. Solusi Globalisasi terhadap Eksitensi Jati Diri Bangsa
Dari sekian dampak globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa pasti terdapat solusi untuk mengatasinya. Adapun solusinya adalah sebagi berikut:

  1. Mengunakan Pancasila sebagai filter dalam IPTEK
  2. Meningkatkan pemahaman mengenai Bineka Tugal Ika
  3. Menunjukan prestasi putra putri bangsa
  4. Memberikan gambaran tentang kesadaran tentang tantangan global yang    dihadapi bangsa Indonesia
  5. Memotivasi bangsas Indonesia untuk bersikap kritis
  6. Membagun dalam hal perindustrian dengan aspek kelingkungan
  7. Memberi Pondasi agama yang baik kepada para anak bangsa
  8. Menumbukan kesadaran untuk mempertahankan budaya dan melestarikanya

 

E. Penutup
Dapat kita simpulkan globalisasi memang memiliki manfaat positif dan memiliki manfaat negatife pula. Sehingga kita memerlukan solusi untuk mengatsi dapampak negative dari globalisasi terutama terhadap eksistensi jati diri bagsa


Gratisan Musik

5 thoughts on “Dampak Globalisasi Terhadap Eksistensi Jati Diri Bangsa

  1. jefri mengatakan:

    minta no hp nya dong?

  2. muzakkir mengatakan:

    terimaksih karena telah membantu menyelesaikan pr…. ……

  3. yasin mengatakan:

    makasih artikelnya, :)

  4. diah mengatakan:

    thanks info bagus

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s