SEJARAH PERADABAN ISLAM Dimensi Isi Tauhid Tentang Prinsip Islam


SEJARAH PERADABAN ISLAM
Dimensi Isi Tauhid Tentang Prinsip Islam

 

  • Masyarakat Periode Mekah, belum teratur, abad (drak age)
  • Masyarakat Periode Madinah (peradaban baru)

a)      Mulai meletakan dasar2 Islam

b)      Nabi Muhammad memimpin 2 golongan 1. Penduduk Asli ( Ashor)                                    yg menbatu kepentingan Nabi   2. Gol. Al-Muhajirin ( Emigrant)                                                       gol yg hijrah kemekah untuk mencari perlindungan

  • Kebangkitan Islam,-menempatkan persaudaraan sesama Muslim

                – Tidak memandang suku,jbatan, smua sjjr dlm khdpan masyarakat

  • Membentuk masyarakat yg madani ( suatu masyarakat yg teratur dan     berperaturan sebagaimana mestinya sebuah masyarakat), sedangkan negara dibagun berdasarkan – memberi ruang kedaulatan 1. aqidah ideologi, 2. fikran ( paradigma), dengan demikian ada konsep baru yg ditawarkan Nabi yaitu nilai dasar kemanusiaan ( basic values of humanity), menjujung tinggi harkat martabat manusia karena konsep yang di anut menetapkan keyakinan.  Negara atas dasar ideologi Islam karena mendasarkan ideologi sehingga sifatnya menjadi Universal.
  • Adanya penetrasi soasial yang sangat sistematis, dimana islam menjadi jalan hidup individu, dimana islam “manusia”, dan manusia kemudian “ masyarakat” kemudian masyarakat bergerak menuju Negara. Sehingga terjadi penataan negara.
  1. Membagun infrastruktur negara
  2. Menciptakan kohesi sosial, melalui proses persaudaraan antar dua komunitas yg berbeda yaitu “Quraisy” dan yatrib” yg dikenal dengan   Muhajirin” dan “Anshar” tetapi menyatu sebagai komunitas dlm ikatan agama.
  3. Menbuat nota kesepakatan, sebagai masyarakat yg pluralistik yg                                    mendiami wilayah yg sama melalui Piagam Madinah
  4. Merancang sistem negara melalui konsep “jihad fi sabilillah”

Nabi muhammad emghadapi realitas pluralitas krn struktur masyarakat Madinah yg baru di bagun dalam keberagaman agama yaitu Islam, Yahudi, Kristen,Sab’in, Majusi  Atheis, Polytheists.

Piagam madinah  Berisikan tentang

a)      wawasan kebebasan

  1. Agama
  2. Ekonomi
  3. Tanggung jwab dan sospol

b)      Hak2 Individu

  1. Persatuan dan kesatuan
  2. Perdameanan
  3. Toleransi
  4. Keadilan
  5. Diskriminasi
  6. Kemajemukan

Semua hal ini di satukan Nabi Muhammad dengan 3 hal yaitu:

  1. Hidup dimadinah sbg tempat hidup bersama dan berkerja sama
  2. Di persatukan dalam ( ummah untuk mewujudkan mewujudkan kerukunan dan kemaslahatan bersama.
  3. Mereka menerima Nabi Muhammad sebagai pemimpin tertinggi.

Penulis barat Thomas W. Arnold, ummah Nabi Muhammad sebagi awal dari kehidupan bangsa Islam, yg disatukan dalam satu institusi piagam madinahyang berjumblah 47 pasal. Sedangkan secara Formal hub.sospol antar komponen masyarakat yaitu:

  1. Antara sesama muslim, bahwa sesama muslim adalah satu ummah walaupun mereka berbeda suku
  2. Hun.antar komunitas non muslim dgn muslim didasarkan dgn prinsip bertetanggaan yg baik dan slg menghormati kebebasan keragaman

2 nilai dasar piagam madinah yaitu

  1. Prinsip kesejahteraan dan keadilan
  2. Inklusivisme atau keterbukaan

Dua prinsip inilah yang ditanamkan dalam beberapa bentuk nilai humanis-Universal seperti, Konsistensi (I’tidal), Seimbang ( Tawazun), Moderat ( Tawasut), Toleransi (Tasmuh) sedangkan prinsip2 tersebut mencakup sebagi berikut:

•       Prinsip Kesejah teraan dan keadilan mencakup 3 aspek yaitu:

  1. Aspek Politik, mengakomodasikan seluruh kepentingan semua rakyat , semua rakyat mendapatkan hak yg sama dalam bidang politik walaupun penduduk heterogen(yg terdiri dari macam2 suku,ras, agama , dan Gol)
  2. Apek Ekonomi, adanya ajaran Egaliterisme( Pemerataan saham2 ekonomi pd seluruh rakyat) untuk menghapus Kapitalisme.
  3. Aspek hukum , Hukum yang sangat urgen dan signifikan kaitanya dengan stabilitas suatu bagsa,yg menekankan pada prinsip konsisten legal (hukum)

•       Prinsip Inklusivisme (keterbukaan)

Menurut Nurchalis Madjid-Inklusivisme/keterbukaan adalah konsekuensi dari perikemanusiaan, merupakan suatu pandangan yg melihat scr positif dan optimis, yaitu pandangan bahwa pada dasarnya manusia itu adalah baik.

•       Prinsip Ketuhanan diwujudkan dalam bentuk supermasi

•       Dapat kita simpulkan bahwa tauhid tentang prinsip masyarakat mengajarkan tentang classless socienty yg digunakan Nabi Muhammad, yaitu masyarakat yg tak terbagi dalam kelas2 dan hukum tidak membedakan antara orang kaya dan miskin, pimpinan ataupun bawahan semua itu sama di depan hukum. Da ri urain diatas prinsip masyarakat menurut tauhid mengunakan dasar2 piagam madinah sebagai dasar pembentukan masyarakat pada saat ini dan prinsip2 yg lainya. Terutama di indonesia yg berada dalam 2 pandangan yakni “ masyarakat madinah” dan “ Masyarakat sipil” ( civil socienty). Kedua hal ini tampak berbeda Namun sama, perbedaanya hanya karena historis yg keduanya mewakili budaya yg berbeda yakni madinah yg mewakili historis peradaban Islam, sedangkan masyarakat sipil adalah hasil dari peradaban barat.

•       Oleh sebab itu Prinsip2 diatas dikatakan sbgai elemen penting pembentuk “Masyarakat Madani” adalah masyarakat yg memegang teguh ideologi yg benar, berakhlak mulia ,secara politik,ekonomi, budaya bersifat mandiri serta memiliki pemerintahan sipil, memiliki prinsip kesejahteraan dan keadilan, serta prinsip keterbukaan. Sedangkan nilai subtansi semangat islam dlm pemberdayaan masyarakat mencakup 3 pilar yaitu: 1. Musyawaroh, 2. Keadilan, 3. persaudaraan sedeangkan masyarakat sipil, bermula dari semangat dan pengumpulan pemikiran masyarakat barat untuk mengurangi peran negara ( state) terhadap peranannya dalam kehidupan masyarakat.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s