Posted in Kumpulan Cerita Novel dan ISlam

Mengunakan Waktu Secara Bijaksana


Waktu adalah harta yang paling berharga yang kita punyai. Waktu berarti segalanya bagi kita, dan itu harus digunakan secara bijaksana. dari kita semua pasti tidak ada yang tahu berapa bnyak waktu yang telah kita lewatkan selama ini dan waktu yang telah kita sia2kan untuk kegiatan kita yang belum jelas mau kearah mana? dan bergunakah itu?. kita juga tidak tahu masih berapakah waktu yang tersisa buat kita n udah digunain bwt ap aj?

Ada pepatah yang mengatakan ” Waktu ibarat pedang, kalau kamu tidak bisa mengunakanya,maka dialah yang akan memengal kamu” NAh hal ini pasti mengerikan bila kita mengalami yang sebenarnya..! Apapun cita2 kamu, cita cita itu harus dicapai jangan dalam sisa waktu yang kita punyai, jadi cara kita mengunakan waktu akan mempengaruhi keberhasilan cita-cita kita_kan?. jika kita pada saat ini ceroboh: kita akan menghabiskan waktu hanya untuk bersenang2 dengan teman-teman,banyak menonton,banya pergi Shoping,banyak pergi baca komik, maka kamu akan kehabisan banyak waktu dan akhirnya akan bermuara pada penyesalan….remember bahwa usia remaja itu singkat qlo kita hitung2 sich sekitar 7th..namun efeknya bukan cma beberapa tahun aj tapi mempengaruhi keseluruhan usia kita sesudahnya..bayangkan aj g mungkinkan kita mau muda trusss…..Agar kita berhati-hati dan belajar menjadi bijak dalam mempergunakan waktu kita yang masih bisa kita jalani ini, kita harus tahu beberapa tabiat waktu itu…ok qlo gtu kita lanjutkan:

1.Cepet Berlalu

Waktu berjalan bagaikan awan,lari bagaikan angin, baik waktu suka ataupun waktu duka, namu pasti kamu pasti merasa waktu duka itu waktu yang terlamban_ya? dan kamu tidak menyadarinya. Tiba-tiba waktu kita liat tanggalan wah usia kita udah bertambah dari detik ke jam, dari jam ke hari, dari hari ke bulan,dari bulan ke Tahun, dan akhirnya bermuara pada ap? kamu pasti dah bisa nebak….qlo bagi pelajar wah tiba-tiba dah memasuki minggu ujian, dan tiba2 besok dah Exam, jadi jagalah waktu sebaik mungkin.

2.Mustahil Kembali

Hem ciri waktu yang lain adalah jika telah berlalu mustahil beeud buat kembali atau diganti, hanya penyesalan_lah yang tersisa bila kita g ngegunain waktu dengan sebaiknya. Setiap detik, menit, jam, hari, bulan,tahun, terlewat begitu cepatnya itu semua berlalu dan tak akan pernah kembali. Coba kamu ingat Pesan Ustadz Hasan Al-Basri! Beliau mengatakan, ” Tiada hari tanpa menyeru, ” Hai anak Adam, aku adalah mahluk baru dan aku menjadi saksi terhadap amalmu. Maka berbekallah dnganku: sebab jika kau sudah lewatkan tak mungkin bisa kembali sampai hari kiamat.” ada juga seorang sastrawan mengambarkan tentang tidak mungkin kembalinya sang waktu. katanya ” ketahuilah, seandainya masa remaja itu akan kemabali pada suatu saat, niscaya akan aku beritakan apa yang aku perbuat pada masa tua.”

3. Harta Termahal

Karena cepat berlalu, dan jika sudah berlalu ia tak akan pernah kembali, maka dapat kita artikan waktu adalah harta yang termahal bagi manusia. qli kita berkiblat kenegara lain yg dah maju,,,wah waktu sangat berharga banget bwt meraka. Waktu adalah modal pokok bagi manusia, waktu bukanlah emas seperti yang sering dikatakan dalam pribahasa selama ini, tapi waktu waktu itu lebih mahal dari pada emas,permata,intan,berlian,ataupun batu mulia, Menurut Hasan Al-Banna, “Waktu adalah kehidupan.” kehidupan manusia tidak lain adalah waktu yang kita lewati dari saat dilahirkan sampai meninggal.

Hasan Al-Basri berkata,” HAi anak Adam, sesungguhnya( kehidupan) kamu adalah himpunan hari-hari. Setiap hari milikmu itu pergi, berarti pergilah sebagian dari_mu.”

Di menunjukan sesuatu model yang menakjubkan yang disebut Kuadran waktu yang bisa membatuk lebih banyak mengemas lebihbanyak (terutama hal-hal yang penting) Kuadaran waktu terdiri dari 2 unsur yang utama, yaitu “penting” dan “Mendesak”.

Penting, hal-hal yang paling penting bagimu, kegiatan-kegiatan utama begi kamu, yang berkontribusi terhadap tercapainya misi serta sasaranmu.

Mendesak, hal-hal yang menekan, yang menurut perhatian segera. tapi tidak berkaitan erat dengan pencapaian sasaran Kamu.Sebenernya hal2 mendesak sich tak jadi masalah asal kita bisa membedakanya Ok, NAh Kita termasuk dalah Kuadran mana ya? qlo g baik Change it mulai dari sekarang ya…dikit demi dikit …Change is Healthy

sekilas gambaran kuadranya

Penting mendesak, Suka menunda.Ujian besok-teman terluka-terlambat masuk sekolah-tugas yang harus dikerjakan hari ini-montor mogok.

Tidak penting Mendesak,Si Yes Man. telepon yg g penting-interupsi-masalah kecil orang lain-tekanan sesama,

Penting Tidak Medesak, Suka Mementingkan Prioritas. Merencanakan-menetapkan sasaran-Pr yg harus dilaksanakan minggu ini-Olah raga-Membina hubungan Relaksasi

Tidak penting Tidak mendesak, Si Pemalas. Terlalu bnyak Nonton TV-Ngobrol tiada habis-habisnya-di telpon-terlalu banyak main game-mejeng dari mall ke mall, shoping-buang2 waktu

Menjadi begitu fokuskah pada hal-hal yang bersifat mendesak sehingga kita tunda2 hal yang penting walaupun tidak mendesak,seperti mengerjakan tugas sebelum waktunya, mengumpulkan referensi untuk ujian, atau menulis surat penting untuk teman. semua hal penting ini tersingkirkan oleh hal2 mendesak,seperti telepon masuk, temen mampir lalu ngajak ngobrol ngurusin masalah orang lain yg g penting dan hal-hal? ” HArus kerjakan sekarang juga”…………..

Author:

slow but sure

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s