Posted in Kumpulan.......^_^

IDENTITAS NEGARA BAB II


PENGERTIAN IDENTITAS NASIONAL

•       Identitas –à Identity—à B. Inggris

•       Pengertian harfiah : -ciri-ciri -tanda-tanda -jati diri yg melekat pd diri seseorang -sesuatu yg membedakan dgn yg lain

Pengertian dalam term antropologi

•       Identitas : -sifat khas yg menerangkan diri pribadi sendiri

-sifat khas yg sesuai dgn keadaan dr pribd sendiri,gol  sdr, klpk sdr, komunitas sdr atau negarasdr

Identitas tdk hanya -à individu  à bs kelompok

PENGERTIAN IDENTITAS NASIONAL

•       Identitas yg melekat pd kelompok2 yg lebih besar yg diikat oleh kesamaan fisik , budaya, agama, bahasa maupun non fisik  keinginan, cita-cita dan tujuan.

•       Identitas nasionalàtindakan kelompokà diwujudkan dlm àorganisasi/pergerakan yg diberi atribut2 nasional.

PENERTIAN UMUM NASIONALISME

•       Nasionalisme

-sebuah situasi kejiwaan dimana kesetiaan seseorang secara  total diabdikan langsung kpd negara bangsa atas nama sebuah bangsa

*Bangsa/nation :

-suatu badan atau wadah yg di dalamnya terhimpun orang2 yg memiliki persamaan keyakinan dan persamaan lain yg mrk miliki spt ras,etnis, agama, bahasa dan budaya

NASIONALISME DI INDONESIA

•       Secara garis besar tdpt 3 pemikiran besar ttg watak nasionalisme Indonesia sblm kemerdekaan:

1. Paham keislaman 2. Marxisme 3. Nasionalisme Indonesia

PENGERTIAN BANGSA

•       Negara bangsa :

•       -sebuah bangsa yg memiliki bangunan politik spt ketentuan perbatasan teritorial, pemerintahan ys sah, pePhm Islam bkn saja mrpk mata rantai yg m’ikat tali p’satuan melainkan jg simbol p’samaan nasib m’tentang pjajahan asing & p’nindas yg berasal dr agama lain.Islam b’peran dlm p’btkn nasionalisme ngakuan luar negeri dsb.

•       Nasionalisme yg disuarakan Soekarno bkn Nasionalisme yg b’wtk sempit tiruan dr Brt/bwtk chauvinisme

•       Nasionalisme mnrt Soekarno b’sifat toleran, bercrk ketimuran & pnh nilai’s kemanusiaan

UNSUR2 PEMBENTUK IDENTITAS NASIONAL

•       Suku bangsa :

Gol sosial yg khusus yg b’sifat askriptif, yg sama coraknya dg gol umur & jenis klmn

•       Agama : Ngr Indo adl ngr yg mengerti agama yg rwn thd disintegrasi bgs, perlu sikap saling menghormati & m’hargai perbedaan.

•       Kebudayaan :

– Pengetahuan Mns sbg makhluk sos yg isinya perangkap atau model pengetahuan yg scr kolektif digunakan oleh p’dukung’snya utk memahami lingkungan yg dihadapi & digunakan sbg rujukan atau pedoman utk bertindak

•       Bahasa :

– Adl sbg sistim perlambang yg scr arditer dibtk atas unsur’s bunyi ucapan mns & d’gunakan sbg sarana berinteraksi dg manusia

INTERGRASI SOSIAL

•       Penyatupaduan dr kelompok’s msy yg asalnya b’beda mjd suatu klp besar dg cara melenyapkan p’bedaan & jati diri msg’s……Integrasi sosial = Asimilasi / pembauran

INTERGRASI NASIONAL

•       Penyatuan bagian’s yg b’beda dr suatu msy mjd suatu keseluruhan yg lbh uth atau memadukan msy’s kcl yg byk jmlnya mjd suatu bangsa

PLURALISME KEBUDAYAAN

•       Pendekatan heterogenis kebudayaan dg kebudayaan suku’s bgs & klp’s minoritas diperkenankan mempertahankan jati diri mrk msg’s dlm suatu msy

•       Pembauran adl pembauran tuntas antara klp’s atau individu’s yg msg’s asalnya mempunyai kebudayaan & jati diri yg b’beda mjd suatu klp baru dgn kebudayaan & jati diri b’sama

NEGARA

KONSEP DASAR TENTANG NEGARA

•       Asal Kata Negara :

State –àInggris

Staat–à belanda dan Jerman

Etat —à Perancis

State, Staat , Etatà dr bhs Latinà Status/Statum artinya Keadaan yang tegak dan tetap atau sesuatu yg memiliki sifat-sifat yang tegak dan tetap

TERMINOLOGI NEGARA

•       Organisasi tertinggi di antara satu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu, hidup dalam daerah tertentu dan mempunyai pemerintahan yang berdaulat

NEGARA DALAM KONSEP ISLAM

•       Mengacu kepada Al-qur’an dan Al-Sunnah, tidak diktemukan rumusan tentang negara secara eksplisit, hanya  terdapat prinsip-prinsip dasar dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

KONSEP ISLAM TENTANG NEGARA TERDIRI DARI 3 PARADIGMA

  1. Paradigma teori khilafah, merujuk pd masa Khulafa al Rasyidun
  2. Paradigma yg bersumber pd teori Imamah dalam paham Islam Syi’ah
  3. Paradigma yg bersumber dr teori Imamah atau pemerintahan

TUJUAN NEGARA

•       Memperluas kekuasaan

•       Menyelenggarakan ketertiban hukum

•       Mencapai kesejahteraan umum

Menurut Plato :

-Memajukan kesusilaan manusia, sebagai perseorangan (individu) dan sbg makhluk sosial

Mnrt Roger H Soltau, tujuan negara :

– Memungkinkan rakyatnya berkembang dan menyelenggarakan daya ciptanya sebebas mungkin

Author:

slow but sure

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s