Posted in Kumpulan Cerita Novel dan ISlam

Husnudzon


Dengan husnudzon akan mendorong seseorang kepada sifat menghargai orang lain dengan segenap kekhasannya. bukan kah keragaman atau beda pendapat itu merupakan suatu rahmat?. tapi mengapa hal-hal yang berbeda itu kadang di anggap seseuatu yang aneh, apa lagi bila sudah mencakup Agama mulai dari doa sholat,Dzikir,dll akan dijadikan masalah yang begitu besar di Indonesia. Seumpanyanya ada perbedaan antara NU dan Muhammadiyah atau yang lainya, saat kita sedang sholat di masjid besar kota atau mushola dan seseorang medapati cara sholat, doa,dzikir yang beda pasti kebiasaan orang indonesia akan muncul, yaitu menggap hal itu adalah yang tabuh hal yang tak pernah dijumpai sehingga meraka berprasangka buruk bahka kadang-kadang ada yang sampai melaporkan ke majelis ulama tentang hal yang di anggap mereka itu tabuh. orang mengatakan indonesia itu negara beragam agama yang bisa bertoleransi dengan baik tapi kenapa masih ada individu-individu tertentu yang menggap Perbedaan dalam cara pandang islam itu salah? kenapa perbedaan itu selalu di perpanjangkan kedalam hal-hal yang membuat Nama Islam itu terpecah belah, trus bagai mana dengan pandangan berbeda namun tetap satu Nama Islam?. ada NU,Muhammadiyah,Ahmadiyah dll kalau ditanya apa agamamu pasti mereka akan menjawan Islam Siapa TuhanMu Ya Allah. Namun kenapa banyak tibul kontrofersi antara Islam? sebenarnya yang salah itu siapa? individu,Tau polapikir,atau rasa kebersamaan dan toleransi dalam memiliki agama kita atau apa? mari kita berfikir untuk menjadikan hal ini lebih baik….Perbedaan itri tidak salah namun kadang pola pemikiran kita yang perlu di renungakan apakah baik untuk agama kita Islam atau tidak?…. jadi menghilangkan sikab buruk sangka juga perlu(prejudice) amat mudah tergelincir kepada pereilaku ananiyah(sombong) yang menggap orang lain rendah(under estimate). Kesombongan mudah menjerumuskan seseorang menjadi takabur dan riya’ begitu juga dalam beragama dan keberagaman dalam Islam.
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum memperolok-olokan kaum yang lain(karena) boleh jadi mereka(yang diolok-olokan) lebih baik dari mereka( yang mengolok-olokan)…” (al-Hujaraat 49:11)
“Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci, Dialah Allah Yang Maha Mengetahui tentang orang-orang yang bertakwa.”(an-Najm 53:32)
Renungan bwt hari kemarin dan kedepan…………

Author:

slow but sure

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s